Optimalisasi Bimbingan Konseling Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Terhadap Perilaku Siswa Di SMAS Al-Azhar Medan
DOI:
https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.100Keywords:
Counseling, Learning Quality, Student BehaviorAbstract
Schools in essence have a significant role in shaping the character and moral behavior of children who have good character. Schools also have a significant role in providing education and defense for children to be free from the negative bondage of the growth of globalization which is marked by rapid advances in the field of data and communication technology. So that in the process of teaching and learning between teachers and students it is necessary to have an approach both physically and mentally, moreover the teacher as someone who has knowledge who wants to share his knowledge with students must understand very well what are the attitudes and characteristics of the students who want to be educated by the teacher. There are many methods that can be tried so that a teacher as a teaching staff has integrity, synergizes and is like a role model in carrying out teaching to students, step by step, step by step can be learned so that a teacher can master the attitudes and characteristics of their students so that they can make their students capable. master the knowledge that the teacher wants to impart. Each student can be determined to have very heterogeneous attitudes and characteristics
References
Ali Muhtadi. 2011. “Pengembangan Sikap Dan Perilaku Siswa Yang Bermoral Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah.” Majalah Ilmiah Pembelajaran 7(1): 96–107.
Azizah, Ulfatun. 1970. “Bimbingan Konseling Islam Untuk Mengatasi Kenakalan Remaja.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 1(01): 100–113.
Darnoto, and hesti triyana Dewi. 2020. “Pergaulan Bebas Remaja Di Era Milenial Menurut Perspektif Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Tarbawi Vol. 17. N(1): 46–60.
Ermalianti, E, and W Ramadan. 2022. “Penguatan Kompetensi Konselor Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Dan Konseling Islam.” Alhadharah: Jurnal Ilmu…20 (2): 81–92. http://jurnal.uinantasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/6002.
Hanifah, Hani, Susi Susanti, and Aris Setiawan Adji. 2020. “Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran.” Manazhim 2(1): 105–17.
Haryuni, Siti, and Jawa Tengah. “A . Pendahuluan Pendidikan Merupakan Proses Untuk Meningkatkan Harkat Dan Martabat Manusia , Sekaligus Mengangkat Manusia Manusia Dari Ketertinggalan . Melalui Pendidikan , Selain Diperoleh Kepandaian Berolah Pikir , Juga Akan Diperoleh Wawasan Baru Yang Kesemuanya Akan Membantu Upaya Manusia Untuk Meningkatkan Kualitas Hidupnya , Baik Sebagai Pribadi Yang Dewasa Maupun Sebagai Anak Bangsa . Pembangunan Masyarakat Indonesia Bertujuan Membangun Manusia Indonesia Seutuhnya . Manusia Merupakan Kekuatan Utama Pembangunan Dan Sekaligus Tujuan Pembangunan ( Hamdani , 2012 : 15 ). Karena Kualitas Sumber Daya Manusia ( SDM ) Di Suatu Negara Sangat Ditentukan Oleh Pendidikan , Karena Pendidikan Sangat Erat Kaitannya Dengan Pembentukan Manusia Seutuhnya Berdasarkan Pancasila . Dalam Pendidikan Dimaksudkan Pula Untuk Mempersiapkan Generasi Penerus Dengan Sebaik-Baiknya Agar Dapat Melaksanakan Tugasnya Di Masa Yang Akan Datang . Dunia Pendidikan Adalah Tempat Anakanak Menimba Ilmu Baik Yang Kognitif ( Matematika , Fisika , Kimia Dan Lain-Lain ), Afektif ( Ilmu Pengetahuan Sosial , Sosiologi Dan Lainlain ), Psikomotor ( Agama , Budi Pekerti , Kedisiplinan , Ketrampilan ,.” 8(2): 389–416.
Jamilah, Jamilah, Choli Astutik, and Khoirul Asiah. 2020. “Revolusi Industri 4.0 Dan Pengaruhnya Pada Kenakalan Remaja.” Shine: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 1(1):23–29. http://ejurnal.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/SHINE/article/view/81.
Nerti, Ni Wayan. 2021. “Optimalisasi Penerapan Layanan Bimbingan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Journal of Education Action Research 5(2): 272–77.
Nugroho, Agung, and Erlin Cindy Ayasti. 2022. “Analisis Perilaku Siswa Sekolah Dasar Selama Pandemi Coronavirus Disease-19 (Covid -19).” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 3(02): 85–92.
Padil, and Nashruddin. 2021. “Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sekolah.” Padil & Nashruddin | 25: 25–36.
RULMUZU, FAHRUL. 2021. “Kenakalan Remaja Dan Penanganannya.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 5(1).
Saimun. 2022. “Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Mengkontruksi Religiusitas Remaja.” Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP)Vol. 6, No. 2 Maret 2022 e-ISSN: 2656-6753, p-ISSN: 2598-9944 DOI:10.36312/jisip.v6i1.2941/ http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index6(6):4067–73.10.36312/jisip.v6i1.2941/ http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index.
Sekolah, Toleransi, and Fiska Diana. 2022. “AL-IRSYAD: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Web Jurnal :” 4: 63–76. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Irsyad/article/view/5163/3688.
Wulandari, Novika. 2014. “Sikap Dan Perilaku Siswa Di Lingkungan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Ambawang.” Sociologique 2(4): 1–15.