Pengaruh Metode Gerak dan Lagu Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia5-6 Tahun di TK Negeri Kartini Desa Duano Kecamatan Suwawa TengahKabupaten Bone Bolango

Authors

  • Leysa Tagele Universitas Negeri Gorontalo
  • Sri Wahyuningsi Laiya Universitas Negeri Gorontalo
  • Nunung Suryana Jamin Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.47861/khirani.v2i3.1294

Keywords:

Movement method, songs, Kinesthetic Intelligence

Abstract

This article discusses the impact of the Movement and Song Method on the Kinesthetic Intelligence of 4-5 Year old Children at TK State Kartini Kindergarten, Duano Village, Suwawa Tengah District, Bone Bolango Regency. The study aims to determine how the movement and song method impacts the kinesthetic intelligence of 5-6 year old children. This quantitative research employed an experimental method. The research design used was a one-group pretest-posttest design with data collection techniques, including observation and tests. The subjects were 5-6 year old children, with a sample size of 15 children. Based on the t-test analysis (paired sample test), the results showed that tcount was greater than ttable (14.701 > 2.160) and the sig (2-tailed) = 0.000 < 0.05. Therefore, Ha was accepted, and the HO was rejected. It can be concluded that the movement and song method significantly impacts the kinesthetic intelligence of 4-5 year old children at TK State Kartini Kindergarten, Duano Village, Suwawa Tengah District, Bone Bolango Regency.

References

Kamtini, & Rahayu, S. (2015). Upaya meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui gerak dan lagu. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Kamtini, & Tanjung, H. W. (2017). Bermain melalui gerak dan lagu di taman kanak-kanak. Jakarta: DepDikNas.

Karima. (2023). Mengembangkan kreativitas anak melalui pembelajaran gerak dan lagu. Bunayya: Jurnal Kependidikan Islam AUD, 2(2), 45-53. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/bunayya/article/view/177

Laiya, S. W., Utoyo, S., Juniarti, Y., & Lanter, N. (2023). Pengembangan video animasi dalam mengenalkan literasi awal pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Kependidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7623-7637.

Latif, Mukhtar, et al. (2013). Kependidikan anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Mansur. (2007). Kependidikan anak usia dini dalam Islam. Jakarta: Pustaka Belajar.

Masitoh. (2005). Bercerita untuk anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Musfiroh. (2010). Bercerita untuk anak usia dini. Departemen Kependidikan Nasional, Direktorat Jenderal Kependidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi, Jakarta.

Nursiti. (2020). Efektivitas metode gerak dan lagu untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak usia dini. Keislaman dan Kependidikan, 1(1), 1-13.

Pertiwi, A. H. D. (2014). Pengaruh pembelajaran gerak dan lagu terhadap kecerdasan kinestetik anak usia dini. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, Program Studi Kependidikan Anak Usia Dini.

Puspitasari, R., Warida, & Kartini. (2021). Peningkatan kecerdasan kinestetik melalui gerak dan lagu pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Masa Keemasan Anak Usia Dini, 1(1), 17-18. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/MKJPAUD/article/viewFile/468/374

Rawanti, S., Ulpi, W., Hasnika, H., Setiyowati, E., & Ardhian, N. L. (2022). Upaya meningkatkan motorik kasar anak melalui kegiatan senam ceria kelompok B2. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 3(1), 116-121. https://doi.org/10.53695/js.v3i1.711

Respati, R., Nur, L., & Rahman, T. (2018). Gerak dan lagu sebagai model stimulasi pengembangan kecerdasan kinestetik anak usia dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 321-330. https://doi.org/10.21009/jpud.122.13

RestuYuningsih. (2015). Peningkatan kecerdasan kinestetik melalui pembelajaran gerak dasar tari Minang.

Rif’atin, R. (2019). Optimalisasi metode gerak serta lagu untuk meningkatkan kecerdasan peserta didik. As-Sabiqun, 1(1), 68-79. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.178

Sujiono, B. (2005). Bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: PT Indeks.

Tine, N., Intan, I., & Jamin, N. S. (2021). Deskripsi pola pendampingan orang tua dalam pembelajaran anak di rumah selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan Tambusai, 5(3), 9471-9476.

Ummah. (2023). Pengaruh pembelajaran, lagu terhadap kecerdasan kinestetik anak di TK Kemala. Jurnal Kependidikan SEROJA, Universitas Negeri Makassar.

Utoyo, S., & Arifin, I. N. (2017). Model permainan kinestetik untuk meningkatkan kemampuan matematika awal pada anak usia dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2), 323-332. https://doi.org/10.21009/jpud.112.10

Wahono, I. (2020). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Kependidikan Anak Usia Dini, 6(3), 93-107.

Published

2024-09-05

How to Cite

Leysa Tagele, Sri Wahyuningsi Laiya, & Nunung Suryana Jamin. (2024). Pengaruh Metode Gerak dan Lagu Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia5-6 Tahun di TK Negeri Kartini Desa Duano Kecamatan Suwawa TengahKabupaten Bone Bolango. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(3), 208–221. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i3.1294

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.