Analisis Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini dalam Kegiatan Bermain Drum Band di TK Negeri Alternatif Balige

Authors

  • Basha Gratia Simarmata Universitas Negeri Medan
  • Anada Leo Virganta Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.47861/khirani.v2i4.1365

Keywords:

Musical Intelligence, Drum Band, Early Childhood

Abstract

This research uses qualitative methods. The aim of this qualitative research is to explain the musical intelligence of young children when playing drumband at the Balige Alternative Kindergarten.  This research involved three teacher trainers and twenty early childhood children at Alternafif Balige Kindergarten. This research uses observation and interviews to collect data, and then carries out data analysis such as collecting, reducing, conveying, and drawing conclusions. The results of the research show that the musical intelligence of young children at the Balige Alternative Kindergarten develops well during drum band playing activities.

References

Abdullah, M. (2014). Manajemen dan evaluasi kinerja karyawan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Abraham, H. M. (2014). Motivasi dan Kepribadian: Teori motivasi dengan pendekatan hierarki kebutuhan manusia. Jakarta: PT. PBP.

Adisasmita, T. (2014). Pengelolaan pendapatan dan anggaran daerah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Aini, K. (2020). Pengembangan kecerdasan musikal pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler drumband di MI Ma’arif 09 Pucung Lor Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap (Skripsi). IAIN Purwokerto.

Anggraini, E. S. (2022). Membangun komunikasi efektif verbal dan non-verbal dalam pembelajaran anak usia dini di Kelurahan Negeri Baru. Jurnal Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.24114/jud.v8i1.36190

Asmani, J. M. (2014). Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

At-Taubany, T. I. B., & Suseno, H. (2017). Desain pengembangan kurikulum 2013 di madrasah. Jakarta: Kencana.

Banoe, P. (2003). Kamus musik. Yogyakarta: Kanisius.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Elizar, & Rusdinal. (2005). Pengelolaan kelas di taman kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Fadlillah. (2017). Bermain dan permainan anak usia dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Gardner, H. (2012). Kecerdasan majemuk (D. Sindoro, Trans.). Batam Centre: Interasara.

Gunadi, T. (2012). Optilakan otak kanan-kiri: Otak tengah-otak kecil (hal. 69-172). Jakarta: Penebar Plus.

Hadari, N. (2014). Manajemen sumber daya manusia untuk bisnis yang kompetitif. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Harahap, A. B. (2019). Selayang pandang seni marching band (Skripsi). Universitas Negeri Medan.

Hartati, S. (2015). Perkembangan belajar pada anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.

Hidayati, I. N. (2020). Upaya pengembangan bakat dan minat siswa melalui ekstrakurikuler hadroh di MTsN 1 Ponorogo (Skripsi). IAIN Ponorogo.

Juarsih, I. (2017). Pengembangan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler seni musik madrasah ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka Kecamatan Purwokerto Barat (Skripsi). IAIN Purwokerto.

Kirnadi. (2015). Dunia marching band. Jakarta: PT. Citra Intirama.

Kompri. (2017). Belajar: Faktor-faktor yang mempengaruhinya (Edisi Pertama). Yogyakarta: Media Akademi.

Lubis, dkk. (2021). Optimalisasi pembelajaran daring pada mata kuliah praktek musik AUD pada penggunaan aplikasi Kinemaster di PG PAUD FIP UNIMED. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 7(1). https://doi.org/10.24114/jbrue.v7i1.25659

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakurikuler pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Prastiani, D. L. (2018). Penanaman nilai disiplin dan tanggung jawab melalui ekstrakurikuler drumband di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo (Skripsi). IAIN Ponorogo.

Prihatin, E. (2014). Manajemen peserta didik. Bandung: Alfabeta.

Putri, Y. H. (2023). Pengaruh kegiatan drum band untuk meningkatkan kecerdasan musikal pada anak usia dini. Journal of Elementary School (JOES), 6(1).

Rasyid. (2020). Indikator minat. Jakarta: Bumi Aksara.

Renata, A. (2012). Hubungan interaksi teman sebaya dengan percaya diri anak usia 7-8 tahun (Skripsi). Universitas Negeri Jakarta.

Sefrina, A. (2014). Deteksi minat bakat anak. Yogyakarta: Media Pressindo.

Simangunsong, dkk. (2024). Analisis rasa percaya diri anak usia 5-6 tahun melalui metode bernyanyi di TK Methodist Mandala. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(4). https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i4.1181

Sitanggang, C., dkk. (2024). Aspek-aspek kecerdasan musikal anak usia 5–6 tahun pada kegiatan ekstrakurikuler drumband. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).

Solin, S., dkk. (2019). Pengaruh bermain drum band dari bahan bekas terhadap kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun di TK Ummi Erni. Jurnal Raudhah, 7(1).

Stoner, J. A. F., Freeman, E., & Gilbert, D. (2012). Management. New Jersey: Prentice Hall.

Suciasih, F. (2017). Optimalisasi kecerdasan musikal pada siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler drumband di MI Ma’arif NU 1 Pasir Kulon Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas (Skripsi). IAIN Purwokerto.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.

Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2015). Bermain kreatif berbasis kecerdasan jamak. Jakarta: Indeks.

Suyadi. (2009). Permainan edukatif yang mencerdaskan. Yogyakarta: Power Books.

Suyadi. (2010). Psikologi belajar anak usia dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Suyadi. (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syafei, M. (2018). Upaya mengembangkan kecerdasan musikal melalui permainan persepsi bentuk musikal pada anak kelompok B di TK Pertiwi. Jurnal Agama Islam & Ilmu Pendidikan, 1(2).

Virganta, A. L. (2023). Permainan pola ritme musik berbasis budaya sebagai upaya stimulasi kecerdasan musikal anak usia 5-6 tahun. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(1). https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i1.47898

Wiflihani. (2009). Musik sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan anak. Jurnal Unimed. https://doi.org/10.24114/bhs.v0VI.2513

Wiyana, N. A. (2014). Psikologi perkembangan anak usia dini. Yogyakarta: Gava Media.

Zulfatul, R. (2019). Pengembangan kecerdasan musikal pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler marching band di MI Negeri Model Slarang Kidul Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal (Skripsi). IAIN Purwokerto.

Downloads

Published

2024-11-16

How to Cite

Basha Gratia Simarmata, & Anada Leo Virganta. (2024). Analisis Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini dalam Kegiatan Bermain Drum Band di TK Negeri Alternatif Balige. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(4), 181–196. https://doi.org/10.47861/khirani.v2i4.1365

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.