Menganalisis Kemampuan Menggenggam pada Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Tengah
DOI:
https://doi.org/10.47861/khirani.v3i1.1570Keywords:
gripping ability, early childhood, fine motor skills, stimulation, TK Negeri PembinaAbstract
This study aims to analyze the gripping ability of early childhood children at TK Negeri Pembina in Kota Tengah District. The research method used is descriptive with both quantitative and qualitative approaches. The subjects of the study were 10 children aged 4-6 years selected through purposive sampling. Data were collected through direct observation, gripping ability tests, and interviews with teachers. The results show that the gripping ability of children at TK Negeri Pembina varies, with some children able to grip writing tools and small objects well, while others struggle. Factors influencing this ability include stimulation from teachers, interaction with peers, and the activities conducted at school. This study provides insights into the importance of appropriate stimulation and activity variation to enhance children’s fine motor skills
References
Arie Paramitha, M. V., & Supiati, V. (2020). Efektifitas permainan sirkuit dalam menstimulus kemampuan motorik halus anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 443–450. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2615
Astuti, R. W., Rahmadani, N. Dela, & Lestari, S. R. (2024). Analisis permainan edukatif dalam mendukung perkembangan kognitif anak usia dini. 4(2), 78–86.
Chintya, R., & Sit, M. (2024). Analisis teori Daniel Goleman dalam perkembangan kecerdasan emosi anak usia dini. Journal of Psyehologi and Child Development, 4(1), 159–168. https://doi.org/10.37680/absorbent
Dewi, I. D. A. L., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Instrumen asesmen untuk mengukur perkembangan fisik motorik kasar pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 416. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39857
Dzariyah, A., & Rocmah, L. I. (2024). Peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan membatik jumputan pada anak usia 4-5 tahun di TK. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 23. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.707
Fathia, R. Al, Nugraha, A., & Ratri, D. (2024). Analisis permainan sensory play DIY (Do It Yourself) di rumah yang mempengaruhi perkembangan motorik halus anak. 6.
Hasbin, H., Taib, B., & Arfa, U. (2021). Analisis kegiatan meronce menggunakan tutup botol bekas terhadap keterampilan motorik halus anak usia dini 5-6 tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 77–89. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2168
Indriani, D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Analisis penggunaan media loose parts untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1180–1187. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5414
Khoirunnisa, M. F., & Vinayastri, A. (2021). Pengembangan instrumen kemampuan motorik halus. Jurnal Golden Age, 5(02), 356–365. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3780
Landaburu, J. (2016). Pengaruh kegiatan banana froods stamping dengan bahan alam terhadap perkembangan motorik halus anak usia dini di TK Sorowako Nurhaliza. 3(2), 1–23.
Lestari, S. A., Gery, M. I., & Lyesmaya, D. (2024). Meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan seni melipat origami pada anak kelompok A TK Aisyiyah 3 Cipetir. Publikasi Ilmiah FIP UMJ, 1605–1612.
Nurfahira, I., Paida, A., & Rahmat, M. Y. (2023). Pengaruh penggunaan media pasir kinetik terhadap perkembangan motorik halus anak di TK Bustanul Athfal Aisyiyah Al Badar Cabang Salaka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 781–788.
Nurhidayat, N., Afiif, A., & Patiung, D. (2020). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan menggunting. Nanaeke: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(2), 101. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i2.16130
Permatasari, I. P., Diana, D., & Kanaria, K. (2024). Perkembangan kemampuan motorik halus sebagai langkah awal dalam mempersiapkan anak untuk menulis melalui keahlian dalam kolase pada usia dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(6), 2036–2042.
Rezieka, D. G., Munastiwi, E., Na’imah, N., Munar, A., Aulia, A., & Bastian, A. B. F. M. (2022). Memfungsikan jari jemari melalui kegiatan mozaik sebagai upaya peningkatan motorik halus anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4321–4334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2501
Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis penggunaan media loose part untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(02), 105–118. https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.562
Sary, Y. N. E., Ambarsari, N., & Suhartin, S. (2023). Pengaruh permainan Lego terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia 3-6 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6273–6280. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5350
Syauki, A. Y., Fatmawati, & Ameliawan, S. (2024). Analisis perkembangan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan melipat kertas pada anak. Tulip (Tulisan Ilmiah Pendidikan), 13(1), 11.
Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi model ATIK dalam meningkatkan motorik halus pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384–5396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038