Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Terhadap Kepuasan Pelanggan di Radio Republik Indonesia (RRI)

Authors

  • Qonita Rachmadani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rani Rani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Purwatiningsih Purwatiningsih Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i3.344

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Loyalitas, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Pada era digital ini, telah banyak kemajuan di berbagai bidang, khususnya yang berkaitan dengan teknologi informasi. Di antara media massa yang berkembang dengan baik, diantaranya radio, televisi dan film. Radio salah satu media komunikasi jenis massa satu arah yang berperan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat dengan jangkauan yang sangat luas. Untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan  di Radio Republik Indonesia. Tujuan  penelitian ini Untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh kualitas pelayanan dan loyalitas terhadap kepuasan pelanggan yang ada di Radio republik Indonesia secara parsial dan simultan yang di hasilkan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang di mana menggunakan data random sampling dan Data yang di olah menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh positif  dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Radio Republik Indonesia. loyalitas juga  berpengaruh positif  dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Radio Republik Indonesia. terdapat pengaruh yang signifikan setelah dilakukan uji simultan atau keseluruhan dari variabel kualitas pelayanan dan loyalitas terhadap kepuasan pendengar Radio Republik Indonesia.

References

Agustina, A., Budiwibowo, S., & Yusdita, E. E. (2020). Analisis Determinan Loyalitas Pengunjung Di Perpustakaan Kota X Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 5(2), 256–264.

Aprileny, I., Rochim, A., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Grab Bike SMA Islam Al-Azhar 4). 31.

Budiarno, B., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(02), 226–233. https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.4531

curatman, A., Suroso, A., & suliyanto. (2020). Program Loyalitas Pelanggan (R. P. Setyanto (ed.); 1st ed.). Penerbit Deepublish (CV Budi Utama).

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasaan Pelanggan (pertama). Unitomo Press.

Rahellea, sabrina luna, & Rianto, M. richo. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Loyalitas terhadap Kepuasan Konsumen Kopi Nako. 4.

Tri, W. (2020). PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN UNTUK MEMBANGUN MINAT BERKUNJUNG KEMBALI : STUDI PADA HOTEL X KOTA PEKALONGAN. 41.

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Qonita Rachmadani, Rani Rani, & Purwatiningsih Purwatiningsih. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Terhadap Kepuasan Pelanggan di Radio Republik Indonesia (RRI). Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 74–86. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i3.344

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.