Pengaruh Kepribadian Proaktif Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Inovasi Guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali

Authors

  • K.A. Wiradnyana Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda
  • Muljadi Muljadi Sekolah Tinggi Agama Buddha Nalanda

DOI:

https://doi.org/10.47861/dv.v5i2.35

Keywords:

Kepribadian Proaktif, Motivasi Berprestasi dan Inovasi Guru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepribadian proaktif terhadap   inovasi guru, untuk   menguji pengaruh  motivasi  berprestasi  terhadap  inovasi  guru  dan  untuk  menguji  pengaruh kepribadian proaktif  dan  motivasi berprestasi  secara  bersama-sama  terhadap  inovasi  guru  Sekolah Minggu  Buddha  Se-Provinsi  Bali.  Penelitian  ini menggunakan  pendekatan  kuantitatif  dengan  teknik pengumpulan  data  menggunakan  kuesioner  atau angket  tertutup. Populasi  pada  penelitian  ini  adalah Guru Sekolah Minggu Buddha se-Provinsi Bali dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang responden. Hasil penelitian  ini  menunjukkan bahwa  variabel kepribadian proaktif  berpengaruh secara signifikan terhadap  inovasi  guru  dengan  koefisien  korelasi  ry 1=0,810  (α<0,05),  variabel  motivasi  berprestasi berpengaruh secara signifikan dengan koefisien korelasi   ry 2=0,825 (α<0,05). Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kepribadian proaktif dan  motivasi berprestasi secara bersama  -sama terhadap inovasi guru dengan koefisien korelasi ry12=0,895 (α<0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa inovasi guru dapat ditingkatkan melalui peningkatan kepribadian proaktif dan motivasi berprestasi baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.

References

Pengelolaan referensi artikel menggunakan Mendeley, dengan Style APA 6th edition

Amir, I. (2017). Pengembangan Buku Ajar dan Augmented Reality Pada Konsep Sistem Pencernaan di Sekolah

Menengah Atas. Pascasarjana.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya .

Bateman, T. S., & Crant, J. M. (1993). The proactive component Of organizational behaviour: A measure and correlates.

Journal of Organizational Behaviour, 14(2), 103-118.

Bullitt, Jhon T dan Soni, RL. (2010). Bersahabat dengan Sutta dan Berkah-Berkah Tertinggi dalam Kehidupan. Jakarta: Vijjakumara.

Chan, D 2006, „Interactive effects of situational judgement effectiveness and proactive personality on work

perceptions and work outcomes‟. Journal of Applied Psychology, 91, pp. 475–481.

Crant, JM & Bateman, TS (2000). „Charismatic leadership viewed from above: The impact of proactive personality‟.

Journal of Organizational Behavior, 21, pp. 63-75.

Crant, J. M. (2000). Proactive behavior in organizations. Journal of management, 26 (3), 435-462

Crant, J. M. (1995). The Proactive Personality Scale and Objective Job Performance Among Real Estate Agents. Journal of

Applied Psychology, Vol. 80 No. 4, 532-537. doi:DOI: 10.1037/0021 -9010.80.4.532

Cooper, Donald R. and Pemela S. Schindler. (2003). Business Research Methods, International Edition, McGraw -Hill

Companies, Inc. New York.

Dhammapada Atthakatha Kisah-kisah Dhammapada, Bhikkhu Jotidhammo (editor), Vidyasena Vihara Vidyaloka, Yogyakarta, 1997. ttp://tanhadi.blogspot.com/2013/01/dhammapada-xv-204-kisah-rajapasenadi.html

Fahrul Rizal, (2015). “Penerapan Teori Difusi Inovasi dalam Perubahan Sosial Budaya”. Jurnal Hikmah, Vol. VI, No. 01.

Fontana, A. (2011). Innovate We Can: Manajemen Inovasi Dan Penciptaan Nilai Individu, Organisasi, Masyarakat.

Jakarta: Cipta Inovasi Sejahtera.

Fuller, B., & Marler, L. E. (2009). Change Driver by Nature: A Meta -Analytic Review of The Proactive Personality

Literature. Journal of Vocational Behavior, 329-345. doi:DOI:10.1016/j.jvb.2009.05.008.

Greenberg, J. And Robert A. Baron. (2003). Behavior in Organization International Edition, New Jersey: Prentice Hall. Hamalik, Oemar, (2001), Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta

Hartono, dkk. 2011. Paikem. Pekanbaru: zanafa.

Huang, T. T., Sung, C. C., Wang, W. S., & Wang, B. H. (2017). The effects of the empowerment education program in older adults with total hip replacement surgery. Journal of Advanced Nursing.

Ibrahim R., dkk, (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.236,

Irwan dan Didi Haryono. (2015). Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Teoritis dan Aplikatif). Bandung: Alfabeta. Juandi, A., dan Sontani, U. T. (2017). Keterampilan dan Kreativitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Terhadap Prestasi

Belajar SIswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Volume 1 No. 1, 132-140.

Joo, KJ Ready (2012). Career satisfaction: The influences of proactive personality, performance goal orientation, organizational learning culture, and leadermember exchange quality. Career Development International. 17 (3), 276

– 295.

Kim, T. Y., Hon, A. H. Y., & Crant, J. M. (2009). Proactive personality, employee creativity, and newcomer outcomes: A

longitudinal study. Journal of Business and Psychology, 24, 93-103. doi:10.1007/s10869-009-9094-4

Kramer, R.M. (1999). Trust and distrust in organizations: emerging perspectives, enduring questions, Annual Review o f

Psychology, Vol. 50 No. 1, pp. 569 -98.

Lazarus, R.S & Folkman, S. (1984). Stress appraisal and coping. Newyork : Springer Publishing Company.Inc.

Mahmud, Marzuki. (2012). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada Mangkunegara, A. P. (2006). Evaluasi kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.103

Muljadi*, Hadhienata S, Adhie E Yusuf, (2019). Universitas Pakuan Bogor Indonesia tentang Teacher Performace

Improvment throught Development of Organizational Culture, Work-Disiplcine, And Job Statisfation.

Nurdin, Zulfa. (2016). “Inovasi Program Kawasan Bebas Asap Rokok di Desa Bonebone Kecamatan Baraka Kabupaten

Enrengkang”, Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Sultan Hasanuddin Makasar.

Rivai V., M. Ramly, T. Mutis dan Willy A. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke

Praktek. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Robbin & Judge. (2015). Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta. Salemba Em pat.

Rizkiani, B. E., dan Sawitri, D. R. (2015). Kepribadian Proaktif Dan Keterikatan Kerja Pada Karyawan Pt Pln

(Persero) Distribusi Jawa Tengah Dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Empati, 4(4), 38–43. Santrork, J.W. (2003). Adolesence: Perkembangan Remaja. Jakarta :Erlangga.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, Sekaran, Uma. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Seibert, S. E., Crant, J. M., & Kraimer, M. L. (1999). Proactive Personality and Career Success. Journal of Applied

Psychology, Vol. 84 No. 3, 416-427. doi:DOI: 10.1037/0021 -9010.84.3.416.

Serdyukov, P. (2017). Innovation in Education : What Works , What doesn ‟ t , and What to do About it ? Journal of Research

in Innovative Teaching & Learning, 10(1), 4–33.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., dan Meece, J.L. (2008). Motivation in Education, Theory, Research, and Applications.

Third Edition. New Jersey: Pearson Educatuon, Inc.

Siagian, S.P. (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Solihatin, Etin dan Raharjo. (2008). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara. Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Indonesia (Ikapi).

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

Wahardi, Retnowati, R. dan Suhardi, E. (2017). Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik dan Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dengan Keinovaatifan Guru SMP Swasta se-Kecamatan Bogor Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan. 4 (1).

Wang, Z., Zhang, J., Thomas, C. L., Yu, J., & Spitzmueller, C. (2017). Explaining benefits of employee proactive personality: The role of engagement, team

proactivity composition and perceived organizational support. Journal of Vocational Behavior, 101 (May 2016), 90 –103.

Widyastono, Herry. (2015). Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006 ke Kurikulum

Jakarta: Bumi Aksara.

Yulianti, Damopoli, M., dan Rahman, U. (2016). Korelasi Antara Persepsi Siswa Tentang Inovasi Guru dalam

Pembelajaran Matematika dengan Motivasi Belajar

Siswa Kelas VIII SMPN 5 Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4 (2).

Zhang, Z., Wang, M., dan Shi, J. (2012). Leader-follower congruence in proactive personality and work outcomes: The mediating role of leader-member exchange. Academy of Management Journal, 55 (1), 111–130. https://doi.org/10.5465/amj.2009.0865

Downloads

Published

2022-01-22

How to Cite

K.A. Wiradnyana, & Muljadi Muljadi. (2022). Pengaruh Kepribadian Proaktif Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Inovasi Guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali. Dhammavicaya : Jurnal Pengkajian Dhamma, 5(2), 08–14. https://doi.org/10.47861/dv.v5i2.35

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.