Pengaruh Kepribadian Proaktif Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Inovasi Guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali
DOI:
https://doi.org/10.47861/dv.v5i2.35Keywords:
Kepribadian Proaktif, Motivasi Berprestasi dan Inovasi GuruAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepribadian proaktif terhadap inovasi guru, untuk menguji pengaruh motivasi berprestasi terhadap inovasi guru dan untuk menguji pengaruh kepribadian proaktif dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap inovasi guru Sekolah Minggu Buddha Se-Provinsi Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket tertutup. Populasi pada penelitian ini adalah Guru Sekolah Minggu Buddha se-Provinsi Bali dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepribadian proaktif berpengaruh secara signifikan terhadap inovasi guru dengan koefisien korelasi ry 1=0,810 (α<0,05), variabel motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan dengan koefisien korelasi ry 2=0,825 (α<0,05). Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kepribadian proaktif dan motivasi berprestasi secara bersama -sama terhadap inovasi guru dengan koefisien korelasi ry12=0,895 (α<0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa inovasi guru dapat ditingkatkan melalui peningkatan kepribadian proaktif dan motivasi berprestasi baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.
References
Pengelolaan referensi artikel menggunakan Mendeley, dengan Style APA 6th edition
Amir, I. (2017). Pengembangan Buku Ajar dan Augmented Reality Pada Konsep Sistem Pencernaan di Sekolah
Menengah Atas. Pascasarjana.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya .
Bateman, T. S., & Crant, J. M. (1993). The proactive component Of organizational behaviour: A measure and correlates.
Journal of Organizational Behaviour, 14(2), 103-118.
Bullitt, Jhon T dan Soni, RL. (2010). Bersahabat dengan Sutta dan Berkah-Berkah Tertinggi dalam Kehidupan. Jakarta: Vijjakumara.
Chan, D 2006, „Interactive effects of situational judgement effectiveness and proactive personality on work
perceptions and work outcomes‟. Journal of Applied Psychology, 91, pp. 475–481.
Crant, JM & Bateman, TS (2000). „Charismatic leadership viewed from above: The impact of proactive personality‟.
Journal of Organizational Behavior, 21, pp. 63-75.
Crant, J. M. (2000). Proactive behavior in organizations. Journal of management, 26 (3), 435-462
Crant, J. M. (1995). The Proactive Personality Scale and Objective Job Performance Among Real Estate Agents. Journal of
Applied Psychology, Vol. 80 No. 4, 532-537. doi:DOI: 10.1037/0021 -9010.80.4.532
Cooper, Donald R. and Pemela S. Schindler. (2003). Business Research Methods, International Edition, McGraw -Hill
Companies, Inc. New York.
Dhammapada Atthakatha Kisah-kisah Dhammapada, Bhikkhu Jotidhammo (editor), Vidyasena Vihara Vidyaloka, Yogyakarta, 1997. ttp://tanhadi.blogspot.com/2013/01/dhammapada-xv-204-kisah-rajapasenadi.html
Fahrul Rizal, (2015). “Penerapan Teori Difusi Inovasi dalam Perubahan Sosial Budaya”. Jurnal Hikmah, Vol. VI, No. 01.
Fontana, A. (2011). Innovate We Can: Manajemen Inovasi Dan Penciptaan Nilai Individu, Organisasi, Masyarakat.
Jakarta: Cipta Inovasi Sejahtera.
Fuller, B., & Marler, L. E. (2009). Change Driver by Nature: A Meta -Analytic Review of The Proactive Personality
Literature. Journal of Vocational Behavior, 329-345. doi:DOI:10.1016/j.jvb.2009.05.008.
Greenberg, J. And Robert A. Baron. (2003). Behavior in Organization International Edition, New Jersey: Prentice Hall. Hamalik, Oemar, (2001), Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta
Hartono, dkk. 2011. Paikem. Pekanbaru: zanafa.
Huang, T. T., Sung, C. C., Wang, W. S., & Wang, B. H. (2017). The effects of the empowerment education program in older adults with total hip replacement surgery. Journal of Advanced Nursing.
Ibrahim R., dkk, (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.236,
Irwan dan Didi Haryono. (2015). Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Teoritis dan Aplikatif). Bandung: Alfabeta. Juandi, A., dan Sontani, U. T. (2017). Keterampilan dan Kreativitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Terhadap Prestasi
Belajar SIswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Volume 1 No. 1, 132-140.
Joo, KJ Ready (2012). Career satisfaction: The influences of proactive personality, performance goal orientation, organizational learning culture, and leadermember exchange quality. Career Development International. 17 (3), 276
– 295.
Kim, T. Y., Hon, A. H. Y., & Crant, J. M. (2009). Proactive personality, employee creativity, and newcomer outcomes: A
longitudinal study. Journal of Business and Psychology, 24, 93-103. doi:10.1007/s10869-009-9094-4
Kramer, R.M. (1999). Trust and distrust in organizations: emerging perspectives, enduring questions, Annual Review o f
Psychology, Vol. 50 No. 1, pp. 569 -98.
Lazarus, R.S & Folkman, S. (1984). Stress appraisal and coping. Newyork : Springer Publishing Company.Inc.
Mahmud, Marzuki. (2012). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada Mangkunegara, A. P. (2006). Evaluasi kinerja SDM. Bandung: PT Refika Aditama.103
Muljadi*, Hadhienata S, Adhie E Yusuf, (2019). Universitas Pakuan Bogor Indonesia tentang Teacher Performace
Improvment throught Development of Organizational Culture, Work-Disiplcine, And Job Statisfation.
Nurdin, Zulfa. (2016). “Inovasi Program Kawasan Bebas Asap Rokok di Desa Bonebone Kecamatan Baraka Kabupaten
Enrengkang”, Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Sultan Hasanuddin Makasar.
Rivai V., M. Ramly, T. Mutis dan Willy A. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke
Praktek. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Robbin & Judge. (2015). Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta. Salemba Em pat.
Rizkiani, B. E., dan Sawitri, D. R. (2015). Kepribadian Proaktif Dan Keterikatan Kerja Pada Karyawan Pt Pln
(Persero) Distribusi Jawa Tengah Dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Empati, 4(4), 38–43. Santrork, J.W. (2003). Adolesence: Perkembangan Remaja. Jakarta :Erlangga.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, Sekaran, Uma. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.
Seibert, S. E., Crant, J. M., & Kraimer, M. L. (1999). Proactive Personality and Career Success. Journal of Applied
Psychology, Vol. 84 No. 3, 416-427. doi:DOI: 10.1037/0021 -9010.84.3.416.
Serdyukov, P. (2017). Innovation in Education : What Works , What doesn ‟ t , and What to do About it ? Journal of Research
in Innovative Teaching & Learning, 10(1), 4–33.
Schunk, D. H., Pintrich, P. R., dan Meece, J.L. (2008). Motivation in Education, Theory, Research, and Applications.
Third Edition. New Jersey: Pearson Educatuon, Inc.
Siagian, S.P. (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Solihatin, Etin dan Raharjo. (2008). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara. Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Indonesia (Ikapi).
Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.
Wahardi, Retnowati, R. dan Suhardi, E. (2017). Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik dan Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dengan Keinovaatifan Guru SMP Swasta se-Kecamatan Bogor Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan. 4 (1).
Wang, Z., Zhang, J., Thomas, C. L., Yu, J., & Spitzmueller, C. (2017). Explaining benefits of employee proactive personality: The role of engagement, team
proactivity composition and perceived organizational support. Journal of Vocational Behavior, 101 (May 2016), 90 –103.
Widyastono, Herry. (2015). Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006 ke Kurikulum
Jakarta: Bumi Aksara.
Yulianti, Damopoli, M., dan Rahman, U. (2016). Korelasi Antara Persepsi Siswa Tentang Inovasi Guru dalam
Pembelajaran Matematika dengan Motivasi Belajar
Siswa Kelas VIII SMPN 5 Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4 (2).
Zhang, Z., Wang, M., dan Shi, J. (2012). Leader-follower congruence in proactive personality and work outcomes: The mediating role of leader-member exchange. Academy of Management Journal, 55 (1), 111–130. https://doi.org/10.5465/amj.2009.0865